2011/03/06

RIM Segera Cari Head Marketing Baru

TORONTO - Head of marketing Research In Motion (RIM), Keith Pardy, akan meninggalkan perusahaan itu, enam bulan mendatang. Alhasil, perusahaan asal Kanada harus segera mencari pengganti Pardy, mengingat vendor BlackBerry itu tengah bersiap meluncurkan tablet PC pertamanya, PlayBook.

Ya, Pardy, yang bergabung dengan RIM pada Desember 2009, secara mengejutkan mengajukan pengunduran diri, Jumat (4/3/2011) waktu setempat, dikarenakan alasan pribadi. Namun, dia baru akan benar-benar meninggalkan perusahaan enam bulan mendatang, guna membantu RIM melewati masa transisi.

Pengunduran diri Pardy yang hanya berjarak satu pekan dari rencana peluncuran PlayBook, yang diharapkan bisa menyaingi iPad milik Apple.

Meski begitu, berdasarkan analisa firma konsultan Brand Keys, BlackBerry telah kehilangan daya tariknya sejak berada di bawah kepemimpinan Pardy. Padahal, sebelumnya BlackBerry memiliki popularitas yang sama dengan Apple.

"Brand ini kehilangan gaungnya dalam beberapa tahun terakhir. Mereka tidak memiliki cirri khas brand yang bisa merengkuh konsumen seperti yang dilakukan iPhone," ujar presiden Brand Keys, Robert Passikoff, seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/3/2011).

Analis firma riset HIS iSuppli Rhoda Alexander pun menilai, kepergian Pardy tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan PlayBook saat diluncurkan nanti.

"Semoga saja, saat rilis produk anda hanya berselang beberapa pekan, anda sudah menetapkan sebagian besar tugas pokok untuk memasarkan produk itu. Orang lain bisa mengeksekusi tugas itu," cetus Alexander.

Sebelum bergabung dengan RIM, Pardy sudah lama berkecimpung di bidang pemasaran konsumen. Dia bekerja 17 tahun di divisi pemasaran Coca-Cola sebelum pindah ke Nokia pada 2004.

0 komentar:

Komentar:

Blogger Template by Clairvo